You need to enable javaScript to run this app.

Pemkab Solok Selatan Melalui Dinas Perindagkop dan UKM Melakukan Penyerahan sertifikat Halal

  • Selasa, 23 Mei 2023
  • Administrator
  • 0 komentar
Pemkab Solok Selatan Melalui Dinas Perindagkop dan UKM Melakukan Penyerahan sertifikat Halal

Dorong Pelaku UMKM Miliki Sertifikat Halal dan Merek

Padang Aro - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menyerahkan sertifikat Halal dan sertifikat merk untuk 15 UMKM binaan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM. Adanya sertifikat ini menjadi salah satu faktor penting dalam pemasaran produk UMKM ke depannya.

Kedua sertifikat ini diserahkan langsung oleh Bupati Solok Selatan H. Khairunas kepada UMKM. Dilaksanakan bersamaan dengan diadakannya Pelatihan DAK Non-Fisik Peningkatan Kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro dan Kecil (PK2UMK) Tahun 2023 dari Kemenkop dan UKM di Kabupaten Solok Selatan, di Hotel Pesona Alam Sangir, Senin (22/5/2023).

Khairunas mengatakan pemerintah terus mendorong agar UMKM di Solok Selatan memiliki sertifikat halal, sebab ini akan menjamin kepercayaan masyarakat terhadap produk yang dipasarkan.

"Saya meminta kepada seluruh stakeholder dan para pelaku UMKM untuk sama-sama saling mendukung, mengevaluasi dan meningkatkan kualitas produknya, bagi yang belum ada izin agar segera diurus izinnya, bagi yang belum ada sertifikasi agar diselesaikan, bagi yang belum memiliki kemasan yang bagus agar ditingkatkan. Dan yang lebih penting lagi mampu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi agar tidak kalah dalam bersaing," kata Khairunas siang ini.

Pemerintah terus mendorong peningkatan kinerja UMKM, pasalnya sektor perdagangan ini menjadi kontributor kedua terhadap laju pertumbuhan ekonomi di kabupaten ini.

Menurut data BPS, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Solok Selatan pada tahun 2022 adalah sebesar 4,02% meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 0,67%. Dimana sektor perdagangan berkontribusi 20,09% terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tersebut.

"Artinya adalah, semenjak dua tahun terakhir berbagai upaya, baik melalui kebijakan, program dan kegiatan yang telah kita laksanakan terhadap para pelaku Koperasi, IKM dan UKM sudah menujukkan hasil yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Solok Selatan," terangnya.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Akmal Hamdi, SH 197606152006041006

- Kepala DISPERINDAGKOP-

Selamat datang di Website Dinas Perdagangan,Perindustrian dan Koperasi Kabupaten Solok Selatan. Website ini dimaksudkan sebagai sarana publikasi untuk memberikan informasi...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil
Banner